PERENCANAAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS WBK DAN WBBM PUSDIKHUB KODIKLATAD

Cimahi, Pusat Pendidikan Perhubungan Kodiklatd (Pusdikhub Kodiklatad) mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Pencanangan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Komandan Pusdikhub Kodiklatad dengan penandatanganan piagam pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

Penandatanganan piagam pencanangan Zona Integritas adalah tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2014 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi serta Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di Lingkungan Instansi Pemerintah. Selain Danpusdikhub, para Kaunit Kerja di lingkungan Pusdikhub Kodiklatad turut menandatangani piagam pencanangan.

Sebagai gambaran, Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan instansi pemerintah yang berkomitmen mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan di lemdik. Terdapat beberapa tahapan pembangunan Zona Integritas, dimulai dari pencanangan, pembangunan, pengusulan, penilaian, dan penetapan menjadi WBK dan WBBM.

Rencana aksi persiapan pencanangan Pembangunan Zona Integritas telah dilakukan, seperti melaksanakan penandatanganan Pakta Integritas oleh seluruh Personel Pusdikhub. Kemudian Danpusdikhub telah menyusun laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), optimalisasi pemanfaatan SDM sesuai dengan SOP termasuk monitoring Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Pada kesempatan itu, Danpusdikhub meminta kepada seluruh personel Pusdikhub secara bersama-sama membangun integritas individu dan integritas organisasi di lingkungan kerja masing-masing agar Pusdikhub Kodiklatad dapat menjadi instansi yang bersih dan terbebas dari tindakan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme. 

Created by : Penerangan Pusdikhub

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *